Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Pola Asuh Ibu Dalam Mencegah Kesakitan Ispa Pada Balita – Teni Nurlatifah HR

0

DALAM MENCEGAH KESAKITAN ISPA PADA BALITA

 

 

Teni Nurlatifah HR

Program Studi Diploma III Kebidanan

Akademi Kebidanan Respati

 

 

Abstrak

 

Survei mortalitas yang dilakukan oleh Subdit ISPA tahun 2005 menempatkan ISPA/Pneumonia sebagai penyebab kematian bayi terbesar di Indonesia dengan persentase 22,30% dari seluruh kematian balita. Salah satu faktor terjadinya ISPA pada balita adalah perilaku pola asuh orang tua terutama ibu balita sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku pola asuh ibu dalam mencegah kesakitan ISPA pada balita di Desa Tomo Kecamatan Tomo tahun 2015.

Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik dan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu yang memiliki balita di Desa Tomo periode bulan Agustus 2015 sebanyak 371 orang . Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik puposive sampling dan simple random sampling sebanyak 79 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat menggunakan uji T berpasangan (Paired Samples Test) dengan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perilaku pola asuh ibu dalam mencegah kesakitan ISPA pada balita sebelum pendidikan kesehatan adalah cukup yaitu sebanyak 36 orang (45,6%) dan sebagian besar perilaku pola asuh ibu dalam mencegah kesakitan ISPA pada balita sesudah pendidikan kesehatan adalah baik sebanyak 72 orang (91,1%). Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku pola asuh ibu dalam mencegah kesakitan ISPA pada balita di Desa Tomo Kecamatan Tomo tahun 2015, terbukti dari nilai P=0,000 yang berarti < nilai α = 0,05.

Perilaku pola asuh ibu terdiri dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan sehingga untuk merubah perilaku pola asuh harus dimulai dari ketiga aspek tersebut. Pendidikan kesehatan dapat merubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dalam hal pola asuh. Disarankan petugas kesehatan meningkatkan pendidikan kesehatan mengenai pola asuh ibu pada balita agar dapat mencegah kesakitan ISPA sedini mungkin sehingga akan mengurangi angka kejadian ISPA di Indonesia.

 

Kata Kunci                  : Pendidikan Kesehatan, Perilaku, Pola Asuh dan ISPA

 

Download “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Pola Asuh Ibu Dalam Mencegah Kesakitan Ispa Pada Balita” 4.-Pengaruh-Pendidikan-Kesehatan-Terhadap-Perilaku-Pola-Asuh-Ibu-Dalam-Mencegah-Kesakitan-Ispa-Pada-Balita.pdf – Downloaded 4 times – 111 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *