Laboratorium Terpadu

 

Sekilas Tentang Laboratorium Terpadu Akademi Kebidanan Respati

Laboratorium Terpadu Akademi Kebidanan Respati Berada di Lantai 3 Kampus Akbid Respati, Laboratorium Terpadu ini terbagi menjadi dua bagian  yaitu Laboratorium Kebidanan dan Laboratosium Dasar. Laboratorium Kebidanan antara lain yaitu : Ruang ANC, INC dan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal, Nifas, Bayi dan Balita, KB, Kebidanan Komunitas dan Kesehatan Reproduksi. Dan Laboratorium Dasar Antara lain adalah Ruang Keterampilan Klinik Praktik Kebidanan (KKPK), Anatomi, Fisiologi,  Mikrobiologi, Gizi, Bokimia dan Farmakologi.

Di Laboratorium Terpadu juga terdapat ruang khusus simulasi dan demonstrasi, tujuan nya sebelum dilakukan pratikum di ruangan, mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan terlebih dulu melakukan penjelasan dan cara praktikum Prasat yang akan di Praktikan.

Koleksi Laboratorium Terpadu

Laboratorium Terpadu mempunyai koleksi Phantom, Manekin, Partus set, Hacting, alat alat kebidanan dan kesehatan lainnya, semua itu tersimpan rapih di Sentral Alat. Pada setiap ruangan praktikum terdapat dami (contoh  prasat yang akan digunakan),dami tersimpan di etalase di setiap ruangan .

Waktu dan Cara Penggunaan Laboratorium Terpadu

Waktu dan cara penggunaan Laboratorium Terpadu  yaitu pada jam  kerja (Senin – Jum’at pukul 08.00 – 16.00). Jika mahasiswa akan menggunakan ruangan untuk praktikum, maka mengambil alatnya terlebih dahulu di sentral alat (bon alat) dengan mengisi form peminjaman alat, peminjaman alat dan ruangan dilakukan paling lambat sehari sebelum dilaakukan praktikum.

Mahasiswa dapat melakukan skill lab mandiri di ruangan dengan didampingi oleh laboran, mahasiswa dapat melakukan skill lab mandiri tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan asalkan ruangan yang akan digunakan tidak dipakai atau akan dipakai oleh kegiatan praktikum terstruktur.