HUBUNGAN RIWAYAT HIPERTENSI, DIABETES MELITUS, DAN KEHAMILAN GANDA DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL – Teti Komalasari

0

HUBUNGAN RIWAYAT HIPERTENSI, DIABETES MELITUS, DAN KEHAMILAN GANDA DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA  PADA IBU HAMIL

 

Abstrak

 

Preeklampsia merupakan salah satu penyebab kematian pada ibu. Preeklampsia pada kehamilan umumnya timbul sesudah minggu ke-20 dan makin tua kehamilan makin besar kemungkinan timbulnya penyakit tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya preeklampsi diantaranya penyakit yang menyertai kehamilan atau riwayat penyakit ibu (DM dan hipertensi) dan kehamilan ganda (gemeli). Menurut data rekam medis Rumah Sakit Umum Sumedang pada tahun 2012 terdapat 201 kasus preeklampsi, 39 kasus perdarahan antepartum, 20 kasus perdarahan post partum dan 3 kasus ibu hamil  yang anemia. Penelitian ini bertujuan untuk engetahui hubungan riwayat penyakit ibu dan kehamilan ganda dengan kejadian preeklampsi di Rumah Sakit Umum  Sumedang.

Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian secara analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil dengan preeklampsi yang berada di RSU Kabupaten Sumedang  pada tahun 2013 periode Januari – Juni yaitu sebanyak 124 orang dan sampelnya sebanyak 113 orang menggunakan teknik pusrposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil dengan kejadian preeklampsi berat (64,6%), sebagian besar tidak mempunyai riwayat penyakit hipertensi atau DM (61,1%) dan tidak mengalami kehamilan ganda (86,7%). Terdapat hubungan antara riwayat penyakit ibu dengan kejadian preeklampsi (nilai P = 0,041) dan terdapat hubungan antara kehamilan ganda dengan kejadian preeklampsi (nilai P = 0,027).

Disarankan pihak RSU Sumedang perlu meningkatkan pelayanan kesehatan atau pelayanan kebidanan pada ibu hamil yang memeriksakan diri ke RSU Sumedang dan meningkatkan kualitas penanganan pada ibu hamil yang mengalami preeklampsi agar tidak berkembang menjadi lebih buruk atau fatal bagi ibu maupun janinnya.

 

Kata Kunci : Riwayat penyakit ibu,  kehamilan ganda dan Preeklampsi

 

Download “HUBUNGAN RIWAYAT HIPERTENSI, DIABETES MELITUS, DAN KEHAMILAN GANDA DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL” 2.-HUBUNGAN-RIWAYAT-HIPERTENSI-DIABETES-MELITUS-DAN-KEHAMILAN-GANDA-DENGAN-KEJADIAN-PREEKLAMPSIA-PADA-IBU-HAMIL.pdf – Downloaded 23 times – 118 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *