Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Kontrasepsi Kondom – Roschidah Putri Rizani

0

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PEMILIHAN

KONTRASEPSI KONDOM

 

 

Roschidah Putri Rizani

Dosen Tetap Akademi Kebidanan Respati

 

 

 

ABSTRAK

Masalah kependudukan tetap menjadi masalah utama bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Masalah pokok dam bidang kependudukan yang dialami diantaranya penduduk yang besar dengan laju pertumbuhan penduduk yang relatif masih tinggi, persebaran penduduk yang tidak merata, struktur umur muda dan kualitas penduduk yang masih harus ditinggikan. Salah satu masalahnya yang perlu dikembangkan adalah peran serta pria dalam ber-KB dikarnakan partisipasi pria bahwa pertisipasi pria menjadi penting dalam KB dan kesehatan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunga pengetahuan pengguna kondom di Wilayah Kerja Puskesmas Tomo tahun 2014.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik dengan rancangan penelitian case control. Sampel dalam penelitian ini menggunakan perbandingan 1 : 1, sehingga diperoleh minimal sampel sebanyak 24 kasus yang menggunaan kondom : 24 kontrol yang tidak mengunakan kondom. Uji hipotesisnya menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan terhadap pemilihan jenis kontrasepsi kondom di Wilayah Kerja Puskesmas Tomo Tahun 2014.

Penggunaan kondom pada pria dipengaruhi oleh pengetahuan. Sehingga untuk meningkatkan penggunaan kondom pada pria diharapkan ada kerjasama dari berbagai pihak, terutama petugas kesehatan untuk mengadakan penyuluhan alat kontrasepsi kondom.

 

Kata Kunci                  : Kondom dan Pengetahuan

 

Download “Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Kontrasepsi Kondom” 4.-HUBUNGAN-PENGETAHUAN-DENGAN-PEMILIHAN-KONTRASEPSI-KONDOM.pdf – Downloaded 5 times – 111 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *