Hubungan Anemia Dalam Kehamilan Dengan Perdarahan Postpartum – Teni Nurlatifah HR

0

Teni Nurlatifah HR

Program Studi Diploma III Kebidanan

Akademi Kebidanan Respati

 

 

Abstrak

 

Kejadian perdarahan post partum merupakan salah satu penyebab kematian ibu, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya perdarahan post partum diantaranya adalah anemia. Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang, jumlah total ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum dari bulan Januari – Juni pada tahun 2013 yaitu sebanyak 210 orang dan dari data tersebut jumlah total ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum disertai anemia yaitu sebanyak 136 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anemia dalam kehamilan dengan perdarahan postpartum di Ruang Bersalin RSUD Sumedang Tahun 2013.

Metode penelitian menggunakan metode analitik dengan menggunakan pendekatan retrosfective. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang melahirkan secara spontan di Ruang Bersalin RSUD Sumedang pada bulan Januari – Juni yaitu sebanyak 955 orang dan sampelnya sebanyak 228 ibu bersalin dengan teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu bersalin yang mengalami anemia pada kehamilan sebesar 40,1% dan ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum sebesar 26,6%. Terdapat hubungan antara anemia pada kehamilan dengan perdarahan postpartum pada ibu bersalin di Ruang Bersalin RSUD Sumedang Tahun 2013, hal ini terbukti dari p value = 0,0001 (p value < 0,05).

Simpulannya terdapat hubungan antara anemia pada kehamilan dengan perdarahan postpartum pada ibu bersalin di Ruang Bersalin RSUD Sumedang sehingga perlu dilakukan upaya untuk mencegah kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin perlu meningkatkan pelayanan kebidanan pada ibu sejak masa kehamilan dengan cara meningkatkan kinerja bidan pada saat memberikan pelayanan seperti mengingatkan ibu tentang kebutuhan nutrisi dan pentingnya mengkonsumsi tablet Fe secara rutin dan melakukan pemantauan pemeriksaan haemoglobin pada setiap ibu hamil terutama pada trimester I dan trimester III.

.

Kata Kunci                  : Anemia dan Perdarahan Post Partum

 

Download “Hubungan Anemia Dalam Kehamilan Dengan Perdarahan Postpartum” 2.-Hubungan-Anemia-Dalam-Kehamilan-Dengan-Perdarahan-Postpartum.pdf – Downloaded 27 times – 77 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *