Hubungan Ambulasi Dini Dengan Pengeluaran Lochea Rubra Dan Involusi Uterus Pada Ibu Postpartum – Teni Nurlatifah HR

0

HUBUNGAN AMBULASI DINI DENGAN PENGELUARAN LOCHEA

RUBRA DAN INVOLUSI UTERUS PADA IBU POSTPARTUM

 

 

Teni Nurlatifah HR

Program Studi Diploma III Kebidanan

Akademi Kebidanan Respati

 

 

Abstrak

 

Angka Kematian Ibu sampai saat ini masih menjadi salah satu indikator untuk menghitung besarnya derajat kesehatan pada wanita. Salah satu penyebab kematian ibu yang paling tinggi yaitu perdarahan 28 %. Berdasarkan data yang didapat dari RSUD Sumedang tahun 2012 angka perdarahan postpartum mencapai 12 kasus, tahun 2013 kasus perdarahan postpartum meningkat mencapai 401 kasus. Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut maka RSUD Sumedang sudah memiliki prosedur tetap ambulasi dini untuk ibu postpartum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ambulasi dini dengan pengeluaran lochea rubra dan involusi uterus pada ibu post partum di RSUD Sumedang tahun 2014.

Jenis penelitian kuantitatif dengan desain observasional dan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 34 ibu postpartum. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan analisis uji chi square.

Dari 34 responden didapatkan yang melakukan ambulasi dini sebanyak 23 orang, responden yang pengeluaran lochea rubranya berkurang 25 orang dan yang mengalami perubahan involusi uterus 22 orang. Hasil perhitungan statistik didapatkan bahwa ada hubungan antara ambulasi dini dengan pengeluaran lochea rubra dan involusi uterus pada ibu postpartum di RSUD Sumedang Kabupaten Sumedang Tahun 2014.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara ambulasi dini dengan pengeluaran lochea rubra dan involusi uterus. Selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan seperti pemberian ASI, status gizi untuk memperluas kajian mengenai ambulasi dini.

 

Kata kunci       : Ambulasi dini, pengeluaran lochea rubra, involusi uterus

 

Download “Hubungan Ambulasi Dini Dengan Pengeluaran Lochea Rubra Dan Involusi Uterus Pada Ibu Postpartum” 1.-Hubungan-Ambulasi-Dini-Dengan-Pengeluaran-Lochea-Rubra-Dan-Involusi-Uterus-Pada-Ibu-Postpartum.pdf – Downloaded 12 times – 92 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *