Gambaran Rendahnya Kunjungan Ibu Ke Posyandu – Roschidah Putri Rizani

0

GAMBARAN RENDAHNYA KUNJUNGAN IBU KE POSYANDU

 

Roschidah Putri Rizani

Dosen Tetap Akademi Kebidanan Respati

 

 

ABSTRAK

Posyandu merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Berdasarkan laporan program gizi, di Desa Tomo bulan Januari– Desember 2014 pencapaian cakupan D/S sebesar 65,16% dengan rincian jumlah balita yang ada 442 dan yang ditimbang 288 balita. Angka tersebut masih rendah dibandingkan dengan target yang diharapkan sebesar 100% hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya faktor status pekerjaan, peran kader, jarak posyandu, paritas dan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran rendahnya kunjungan ibu ke posyandu di Desa Tomo wilayah kerja Puskesmas Tomo Kabupaten Sumedang tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dimana untuk menggambarkan rendahnya kunjungan ibu ke posyandu di desa Tomo wilayah kerja puskesmas Tomo, analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Penelitian ini bertempat di Desa Tomo Wilayah Kerja Puskesmas Tomo Kabupaten Sumedang, populasinya adalah seluruh ibu yang mempunyai balita di Desa Tomo pada tanggal 30 Maret 2015-26 Mei 2015, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik systematic random sampling, sebanyak 68 orang.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa rendahnya kunjungan ibu ke posyandu di Desa Tomo Wilayah kerja Puskesmas Tomo Kabupaten Sumedang Tahun 2015 dipengaruhi oleh faktor pekerjaan, peran kader, jarak, paritas, dan pendidikan.

Saran diajukan bagi Desa Tomo yaitu agar lebih meningkatkan kegiatan posyandu dengan target D/S, bagi ibu agar selalu mematuhi seluruh anjuran petugas kesehatan, serta menanyakan tentang hal-hal yang perlu dilakukan selama mengikuti kegiatan posyandu.

 

Kata Kunci     : Kunjungan Ibu, Pekerjaan, Peran Kader, Jarak, Paritas, Pendidikan

 

Download “Gambaran Rendahnya Kunjungan Ibu Ke Posyandu” 3.GAMBARAN-RENDAHNYA-KUNJUNGAN-IBU-KE-POSYANDU.pdf – Downloaded 2 times – 72 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *