Gambaran Dampak Kehamilan Di Usia Remaja – Roschidah Putri Rizani

0

GAMBARAN DAMPAK KEHAMILAN DI USIA REMAJA

 

 

Roschidah Putri Rizani

Dosen Tetap Akademi Kebidanan Respati

 

ABSTRAK

 

Kehamilan pada usia dini, di bawah 19 tahun merupakan kehamilan yang berisiko. Remaja yang hamil, apalagi bila kehamilan tersebut tidak diinginkan, secara psikologis belum matang, sehingga berakibat perawatan diri dan kehamilan yang tidak optimal. Dampak kehamilan remaja mengakibatkan resiko lahir mati, kelahiran kurang bulan (premature), bayi berat lahir rendah, risiko keracunan kehamilan (preeklamsia) 50% lebih tinggi, dan yang pasti mengurangi kesempatan ibu mendapatkan pendidikan dan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian dampak kehamilan usia remaja di Puskesmas Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang Tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja putri yang sudah menikah dan mempunyai anak di Puskesmas Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang berjumlah 234 orang yang sudah mempunyai anak dan sampelnya sebanyak 34 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar remaja mengalami dampak kehamilan dilihat dari aspek psikologis yaitu sebesar 79.4% dan sebagian besar remaja mengalami dampak kehamilan dilihat dari aspek kesehatan yaitu sebesar 55,9%.

Disarankan bagi petugas kesehatan memberikan pendidikan kesehatan pada remaja berupa penyuluhan tentang risiko kehamilan di usia remaja.

 

Kata Kunci          : Dampak Kehamilan, Usia, Remaja

 

Download “Gambaran Dampak Kehamilan Di Usia Remaja” 2.-GAMBARAN-DAMPAK-KEHAMILAN-DI-USIA-REMAJA.pdf – Downloaded 2 times – 71 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *