Efektivitas Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi – Teni Nurlatifah HR

0

Teni Nurlatifah HR

Program Studi Diploma III Kebidanan

Akademi Kebidanan Respati

 

 

Abstrak

 

Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang. Pijat bayi merupakan suatu usaha untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak sejak bayi. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang didapatkan angka kelahiran yang cukup tinggi dari tahun ke tahun yaitu di Kecamatan Tanjungsari. Desa Jatisari merupakan desa dengan angka kelahiran tertinggi di Kecamatan Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan berat badan dan efektivitas pijat bayi pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi bayi usia 1-3 bulan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian berbentuk analitik dengan desain penelitian prospektif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh bayi berumur 1-3 bulan yang ada di Desa Jatisari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang sebanyak 42 bayi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 32 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Mc Nemar.

Dari hasil uji statistik diperoleh p value sebesar 0,031 dengan α = 0,05 yang berarti p value < α, maka pijat bayi efektif dalam meningkatkan berat badan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol di Desa Jatisari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Tahun 2014.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kenaikkan berat badan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pada kelompok intervensi terdapat kenaikkan berat badan secara signifikan dibanding kelompok kontrol, maka pijat bayi dapat dijadikan intervensi dalam mengoptimalkan pertumbuhan anak.

 

Kata Kunci      : Pijat Bayi dan Peningkatan Berat Badan

 

Download “Efektivitas Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi” 3.-EFEKTIVITAS-PIJAT-BAYI-TERHADAP-PENINGKATAN-BERAT-BADAN-BAYI.pdf – Downloaded 6 times – 103 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *