Efektifitas Vulva Hygiene Dalam Mengurangi Keputihan Patologis Pada Remaja – Teni Nurlatifah HR

0

EFEKTIFITAS VULVA HYGIENE

DALAM MENGURANGI KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA REMAJA

 

 

Teni Nurlatifah HR

Program Studi Diploma III Kebidanan

Akademi Kebidanan Respati

 

 

Abstrak

 

Wanita harus memperoleh perhatian yang serius, menurut data penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita, 75 % wanita di dunia mengalami keputihan, paling tidak sekali seumur hidup, dan 45 % diantaranya mengalami sebanyak dua kali atau lebih. Keputihan sebagai gejala yang sangat sering dialami oleh sebagian besar wanita. Gangguan ini merupakan masalah kedua sesudah gangguan haid. Keputihan sering kali tidak ditangani dengan serius oleh para remaja. Padahal, keputihan bisa jadi indikasi adanya penyakit. Berdasarkan hasil survey masih banyaknya remaja yang mengalami keputihan patologi sehingga peneliti tertarik untuk meneliti di kampus Akademi Kebidanan Respati Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas vulva hygiene dalam mengurangi keputihan patologi pada remaja di Akademi Kebidanan Respati Sumedang tahun 2015.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berbentuk analitik dengan desain penelitian prospektif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh remaja di Akademi Kebidanan Respati Sumedang sebanyak 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 20 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi square.

Hasil penelitian uji statistic diperoleh p value sebesar 0,016 dengan α = 0,05 yang berarti p value < α, vulva hygiene efektif dalam mengurangi keputihan di Akademi Kebidanan Respati Sumedang Tahun 2015.

Simpulan penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengurangan yang signifikan pada kelompok paparan dankontrol. Pada kelompok paparan terdapat pengurangan keputihan secara signifikan disbanding kontrol. maka vulva hygiene dapat di jadikan intervensi dalam mengoptimalkan pengurangan keputihan. Saran dari hasil penelitian ini bahwa vulva hygiene dapat di jadikan intervensi untuk mengurangi keputihan patologis pada remaja.

 

Kata Kunci                  : Keputihan dan Vulva Hygiene

Download “Efektifitas Vulva Hygiene Dalam Mengurangi Keputihan Patologis Pada Remaja” 5.-Efektifitas-Vulva-Hygiene-Dalam-Mengurangi-Keputihan-Patologis-Pada-Remaja.pdf – Downloaded 4 times – 107 KB

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Your email address will not be published. Required fields are marked *